Artikel HVAC

Di zaman yang serba bergerak cepat ini, manusia dituntut selalu aktif dan produktif. Oleh karena itu, kita tidak dapat lagi berpura-pura seolah tinggal di negeri yang nyaman, sementara itu kita bekerja dengan tidak produktif. Kita harus mengakui bahwa lingkungan iklim Indonesia bukanlah lingkungan yang secara termal nyaman. Perasaan mudah lelah, gerah, tidak nyaman adalah nyata. Mengusahakan lingkungan menjadi lebih nyaman secara termal diperlukan agar kita dapat bekerja lebih produktif. Salah satu cara adalah dengan memakai mesin penyejuk udara atau dikenal sebagai Air Conditioner (AC).

Prinsip utama mesin penyejuk udara (AC) adalah mengangkut kalor dari satu lokasi ke lokasi lain (tentu saja proses sebenarnya sangat rumit dan di luar tujuan penulisan buku ini untuk menjelaskannya). Dalam konteks bangunan, tugas AC adalah mengangkut kelebihan kalor di dalam ruang, ke luar ruang. Jelaslah bahwa semakin banyak kalor yang harus diangkut, semakin berat tugas AC. Bisa juga dibalik, bila kita ingin memakai AC secara hemat, kita perlu mengusahakan bahwa penambahan panas (kalor) ke dalam ruang sekecil-kecilnya.

Mesin AC ada yang sangat besar dan rumit, seperti yang digunakan di bangunan pencakar langit, ada juga yang kecil dan tidak terlalu rumit; ada yang membutuhkan energi listrik relatif kecil, sekitar 400W, namun ada juga yang puluhan ribu Watt. Pemilihan kapasitas AC akan sangat ditentukan oleh pertambahan panas ke dalam ruangan dan seberapa rendah suhu udara di dalam ruangan yang kita kehendaki. Jika kita menginginkan suhu udara di dalam ruang rendah, tentu makin banyak panas yang harus kita buang keluar.

Penghawaan buatan dengan AC, jika dirancang dengan benar, mempunyai banyak keuntungan. Ini terutama bila udara di sekitar bangunan berkualitas buruk. Beberapa keuntungan pemakaian AC adalah sebagai berikut:

  • Suhu udara lebih mudah distabilkan dan diatur. Di tropis lembap yang rata-rata suhu udaranya tinggi, perbedaan suhu siang dan dan malam kecil, menurunkan suhu udara udara secara alami sangatlah sulit. AC dapat menurunkan suhu udara dengan cepat dan pada tingkat yang dikehendaki.
  • Kecepatan dan arah angin mudah diatur.
  • Kelembaban mudah diatur. Kelembaban udara di iklim tropis lembab ini sangat mengganggu dan memberikan kontribusi yang besar kepada terjadinya ketidaknyamanan termal. AC dapat mengatur (mengurangi) kelembaban.
  • Kebersihan udara dapat dijaga. AC dilengkapi dengan penyaring yang akan menyaring debu dan bau. AC keluaran baru dilengkapi filter yang semakin baik untk menjamin kesehatan udara.
  • Karena ruang AC tertutup, maka diperoleh keuntungan sampingan yaitu kenyamanan akustik dan ketenangan.
  • Serangga terbang dapat dicegah masuk ke dalam ruangan.
  • AC keluaran baru dilengkapi dengan pembangkit ion negatif (ionizer) yang dapat membunuh bakteri, jamur, dan mengikat biang bau, serta memberikan efek segar pada udara ruang.
  • Karena ruang tertutup, bau di dalam ruang mudah diatur dan dipertahankan, misalnya dengan wewangian.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *